Senin, 14 Desember 2015

ABOUT LAZADA

LAZADA.co.id

Lazada.co.id merupakan perintis E-Commerce di beberapa negara. Lazada.co.id ini menjadi tujuan utama berbelanja online nomor satu di Asia Tenggara. Beroperasi di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapurra, Thailand, dan Vietnam. Lazada menyediakan layanan termudah bagi konsumen untuk mengakses langsung pada database konsumen terbesar di Asia Tenggara. Lazada menyediakan berbagai produk, mulai dari produk nasional hingga internasional bahkan produk eksklusif.
Lazada memberi kepastian tentang kualitas dan keaslian produk. Jika terjadi sesuatu pada produk yang anda beli dapat dikembalikan dalam jangka waktu 14 hari dan menerima pengembalian uang sepenuhnya.

TENTANG PEMESANAN PRODUK

Dalam pemesanan produk di Lazada.co,id ini dapat mengikuti petunjuk pemesanan di www.lazada.co.id/how-to-buy . Alamat website pemesanan tersebut menyajikan 9 langkah mudah berbelanja pada Lazada. Lazada menyediakan pembuatan akun untuk berbelanja pada Lazada.co.id. Akan tetapi tanpa akun pun kita dapat melakukan pesanan yaitu dengan cara :
  1. Pilih produk yang anda inginkan dan lanjutkan pada bagian konfirmasi pesanan.
  2. Pada langkah Login Email, masukkan email anda tanpa mengisi password dan klik pada option “Pelanggan Baru”.
  3. Masukkan informasi  pengiriman anda dan pilih metode pembayaran yang anda inginkan.
  4. Konfirmasi pesanan anda.

Lazada akan memberikan nomor telepon jika konsumen ingin melakukan pemesanan langsung pada Lazada apabila tidak dapat melakukan pemesanan secara online. Akan tetapi pesanan tersebut dibayar dengan metode pembayaran di tempat (COD). Namun alangkah lebih baik jika kita membuat akun pada Lazada, karena itu akan memudahkan kita dalam mengakses berbagai informasi yang disediakan oleh Lazada. Jika tidak dapat melakukan pesanan secara online dapat menghubungi customer service.
Pada langkah mengkonfirmasi keranjang belanja anda, anda dapat menghapus item pada keranjang belanja anda yaitu dengan cara mengklik pada logo belanja yang digambarkan dengan ikon keranjang belanja, lalu kemudian klik “Hapus Item”.
Setelah selesai melakukan pemesanan, Lazada akan mengirimkan verifikasi melalui sms untuk konfirmasi dengan ringkasan pesanan serta mengirimkan email dan pemberitahuan via sms untuk menginformasikan status pesanan anda.

TENTANG PEMBAYARAN PRODUK

Lazada menyediakan beberapa metode pembayaran produk setelah melakukan pemesanan. Antara lain, Via Transfer (Bank BNI, Mandiri, CIMB Niaga, BCA), Kartu kredit, Cash On Delivery, Cicilan, dan hellopay. Bisa juga melalui transfer dari Bank Lainnya.

TENTANG PENGIRIMAN PRODUK

Setiap produk dalam Lazada memiliki estimasi waktu pengiriman produk tersebut. Untuk mengetahui estimasi waktu pengiriman suatu produk dapat di lihat pada halaman masing-masing produk, kemudian lihat kota pengiriman anda. Di halaman masing-masing produk tersebut juga disediakan spesifikasi tentang produk yang anda beli.
Jika seorang konsumen membeli produk lebih dari dua item maka produk tersebut dapat di kirimkan secara terpisah dengan waktu yang berbeda-beda.  Hal tersebut dikarenakan karena Lazada memiliki Supplier yang berbeda-beda. Khusus produk internasional membutuhkan estimasi waktu pengiriman yaitu 55 hari kalender. Lazada tidak dapat menjadwalkan pengiriman serta tidak dapat mempercepat pengiriman. Pengiriman pesanan tidak dapat dipastikan hari atau tanggalnya hanya dapat mengestimasi waktu masing-masing daerah pengiriman, tergantung wilayah pengiriman anda serta tergantung penjadwalan dari partner kurir logistic Lazada. Lazada juga tidak melakukan pengiriman produk pada hari sabtu dan minggu serta hari libur nasional.
Konsumen dapat membatalkan pesanan meskipun telah masuk pada proses pengiriman. Akan tetapi dalam pembatalan tersebut, Lazada harus menindaklanjuti ke pihak terkait. Untuk pembatalan pesanan dapat menghubungi customer service. Sedangkan untuk produk internasional setelah masuk dalam proses pengiriman tidak dapat dilakukan pembatalan pemesanan.
Jika konsumen tidak sedang berada di rumah atau alamat yang tertera maka konsumen tersebut harus memberi surat kuasa kepada pihak kedua yang nantinya surat kuasa tersebut akan di tunjukkan pada saat menerima pesanan dan pihak kedua juga harus menunjukkan tanda pengenal saat menerima pesanan.
Lazada bekerja sama dengan 5 perusahaan logistic, antara lain JNE, RPX, First Logistic, Pandu Logistic, dan TIKI. Lazada juga memiliki kurir internal sendiri yaitu Lazada Express (LEX). Untuk saat ini Lazada tidak menyediakan layanan pengiriman internasional.

TENTANG PRODUK INTERNASIONAL

Produk Internasional ini didatangkan atau dipesankan Lazada dari luar Indonesia sesuai dengan pesanan konsumen. Semua produk Import Lazada tidak dikenakan biaya tambahan dari biaya yang sudah tertera. Jika terdapat prosedur penambahan biaya pada produk cuci gudang, keterlambatan pengiriman dibandingkan estimasi mungkin terjadi.
Produk internasional yang sudah dipesan oleh konsumen tidak dapat dibatalkan. Produk internasional yang melebihi estimasi waktu pengiriman, maka konsumen dapat melakukan klaim terhadap pesanan untuk meminta pengembalian uang dalam jangka waktu 7 hari. Jika lebih dari 7 hari maka order dianggap diterima oleh penerima. Klaim dapat ditolak oleh penjual apabila si penjual memiliki bukti kuat  bahwa pengiriman telah terjadi pada waktu yang telah ditetapkan.
Dalam pemesanan produk luar negeri, konsumen harus memperhatikan :
  • Kondisi garansi bergantung pada jenis produk.
  • Petunjuk penggunaan, instruksi, serta peringatan keselamatan (mungkin tidak tersedia dalam bahasa Indonesia).
  • Produk dan komponen penyerta produk tersebut mungkin tidak didesain sesuai dengan standar, spesifikasi, dan ketentuan pelabelan di Indonesia.
  • Produk mungkin tidak menggunakan voltase dan standar kelistrikan di Indonesia (membutuhkan adapter atau converter khusus).

Sebelum melakukan pemesanan pada produk internasional sebaiknya mencari informasi terlebih dahulu tentang proses klaim terhadap pemanufaktur serta tempat servis produk jika suatu saat terjadi permasalahan pada produk tersebut. Karena dalam pesanan produk internasional, garansi pemanufaktur tidak berlaku.
Konsumen dapat mengidentifikasi produk luar negeri atau produk internasional tersebut dengan melihat  tanda “penjual internasional” atau “dikirim dari luar negeri” yang terdapat pada halaman produk.

TENTANG PENGEMBALIAN PRODUK

Pengembalian produk pesanan kepada Lazada dapat dilakukan dalam jangka waktu 7 hari kalender untuk produk 100% dibawah perlindungan pembeli atau 14 hari kalender untuk produk dibawah jaminan kepuasan. Perhitungan dimulai dari tanggal menerima paket sampai tanggal cap pos yang tertera pada paket yang dikembalikan. Setelah melewati jangka waktu pengembalian maka produk tidak dapat dikembalikan.
Persyaratan pengembalian yang sah :
  1. Bukti pembelian seperti nomor pesanan, faktur pembelian, dan lainnya.
  2. Rincian bank dalam formulir pengembalian (apabila melalui Teller bank atau melalui metode Cash on Delivery).
  3. Sertakan formulir pengembalian dalam bentuk cetak atau tulis kode Otorisasi Pengembalian di setiap paket pengembalian. Untuk memperoleh formulir pengembalian, anda harus memiliki akun Lazada terlebih dahulu.
  4. Alasan pengembalian harus bersifat sah dan persyaratan persetujuan pengembalian barang terpenuhi.

Apabila pengembalian barang anda dinyatakan tidak sah, customer service dari Lazada akan menghubungi konsumen dan biaya pengiriman barang tidak akan diganti.
Apabila pesanan produk yang akan dikembalikan lebih dari 7 hari atau 14 hari, jika produk tersebut dilindungi oleh pabrik yang bersangkutan maka dapat menghubungi pihak pabrik secara langsung.
Status pengembalian produk pesanan konsumen dapat di cek dengan menggunakan kode resi yang disediakan kurir logistic atau dapat mengecek pada Status Order.
Proses penggantian produk yang dipesan konsumen akan dilakukan setelah proses evaluasi produk yang bersangkutan. Biasanya berlangsung dalam jangka waktu 5 hari kerja.
Berikut proses pengembalian produk pesanan kepada Lazada:
  1. Login ke akun anda
  2. Klik ke my order dan my return
  3. Isi formulir retur online
  4. Cetak formulir retur
  5. Kemas barang dengan menyertakan return label
  6. Kirimkan ke Lazada

Status pengembalian produk dapat dicek melalui option “Order Tracking” yang terdapat pada halaman Lazada.


AFFILIATE PROGRAM

Ini merupakan salah satu program Lazada. Affiliate program adalah satu teknik marketing dimana antara penjual dan pemasar bekerjasama melalui website pemasar. Para pemasar memperoleh link khusus yang telah diberi tracking sehingga setiap ada transaksi yang datang dapat diketahui oleh system affiliate penjual. Apabila memenuhi kriteria maka akan memperoleh komisi dari penjualan produk tersebut.  Komisi tersebut berupa persentasi dari harga produk yang sudah terjual.

Cara Kerja system tracking affiliate:
Contohnya, saya memiliki alamat website setyaririn-ririn.com. saya ingin menambah penghasilan dari alamat website saya sehingga saya bergabung dalam affiliate program pada Lazada.co.id . Banyak pilihan produk yang ditawarkan, akhirnya saya memilih untuk mempromosikan produk jam di website saya. Fela seorang konsumen sedang  mencari informasi di internet tentang produk jam dengan kualitas terbaik. Fela menemukan website saya dan membaca artikel review pada website saya. Fela tertarik dan memutuskan untuk membeli jam tersebut dengan mengklik banner di website saya. Dan saya sebagai affiliate lazada.co.id akan memperoleh komisi dari pembelian yang dilakukan oleh Fela.
Keuntungan mengikuti Affiliate Program :
  • Gratis biaya pendaftaran.
  • Komisi yang diperoleh berdasarkan kategori yang dipilih yaitu 2,5% untuk produk elektronik, 6% untuk produk non elektonik, 10% untuk fashion, dan 1% untuk kendaraan.
  • Tersedia voucher esklusif untuk anda yang bergabung.
  • Media promosi dan template newsletter akan didesain sesuai dengan kebutuhan anda.
  • Lazada.co.id Affiliate akan membantu anda dengan pelayanan cepat.
  • Lazada menawarkan berbagai  macam jenis banner, produk feed, kode voucher, API, dan promosi special bagi anda yang bergabung dalam program ini.

Cara bergabung dalam Affiliate Program :
  1. Daftar program affiliate Lazada.co.id
  2. Tim Lazada akan mereview aplikasi anda dan apabila memenuhi criteria maka akan terdaftar sebagai publisher.
  3. Pilih salah satu macam media promosi sesuai kebutuhan anda dari sekian banyak media promosi yang disediakan oleh Lazada untuk di integrasikan ke website anda.

Seseorang yang telah bergabung dalam program ini akan memperoleh pembayaran komisi setelah tim lazada.co.id memvalidasi penjualan yang akan dikirimkan ke affiliate dalam jangka waktu selambat-lambatnya 30 hari.  Penjualan yang divalidasi oleh tim lazada.co.id sebelum kita memperoleh bayaran, penjualan tersebut divalidasi dalam waktu 30 hari setelah tanggal penjualan.



Terdapat beberapa atau banyak brands (merek) produk yang ada di dalam Lazada, dapat dilihat di alamat website www.lazada.co.id/brands/ dan Store Directory Lazada dapat di lihat di website www.lazada.co.id/store-directory/ .
Lazada memiliki syarat dan ketentuan yang berlaku yang dapat di lihat pada www.lazada.co.id/terms-of-use/ serta terdapat kebijakan privacy www.lazada.co.id/privacy-policy/ dan berbagai Press Media yang dapat anda dilihat di www.lazada.co.id/press/ .

Keunggulan dari Lazada antara lain :

  • Pengunjung webite terbanyak. (Lazada menduduki peringkat ke-15 sebagai website yang paling sering dikunjungi di Indonesia)
  • Jangkauan Pasar Terluas. 
  • Tanpa Komisi
  • Fasilitas Seller Center
  • Layanan logistik kelas dunia
  • Meningkatkan bisnis dengan FBL


Marilah berbelanja online di LAZADA.co.id  J






Referensi : http://www.lazada.co.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar