LAZADA.co.id
Lazada.co.id merupakan perintis E-Commerce di beberapa negara. Lazada.co.id ini menjadi
tujuan utama berbelanja online nomor satu di Asia Tenggara. Beroperasi di Indonesia, Malaysia, Filipina,
Singapurra, Thailand, dan Vietnam. Lazada menyediakan layanan termudah bagi
konsumen untuk mengakses langsung pada database konsumen terbesar di Asia
Tenggara. Lazada menyediakan berbagai produk, mulai dari produk nasional hingga
internasional bahkan produk eksklusif.
Lazada memberi kepastian tentang
kualitas dan keaslian produk. Jika terjadi sesuatu pada produk yang anda beli
dapat dikembalikan dalam jangka waktu 14 hari dan menerima pengembalian uang
sepenuhnya.
TENTANG PEMESANAN PRODUK
Dalam pemesanan produk di
Lazada.co,id ini dapat mengikuti petunjuk pemesanan di www.lazada.co.id/how-to-buy . Alamat website pemesanan tersebut menyajikan 9 langkah mudah berbelanja pada
Lazada. Lazada menyediakan pembuatan akun untuk berbelanja pada Lazada.co.id. Akan
tetapi tanpa akun pun kita dapat melakukan pesanan yaitu dengan cara :
- Pilih produk yang anda inginkan dan lanjutkan pada bagian konfirmasi pesanan.
- Pada langkah Login Email, masukkan email anda tanpa mengisi password dan klik pada option “Pelanggan Baru”.
- Masukkan informasi pengiriman anda dan pilih metode pembayaran yang anda inginkan.
- Konfirmasi pesanan anda.
Lazada akan memberikan nomor
telepon jika konsumen ingin melakukan pemesanan langsung pada Lazada apabila tidak dapat melakukan pemesanan secara online. Akan tetapi pesanan tersebut
dibayar dengan metode pembayaran di tempat (COD). Namun alangkah lebih baik
jika kita membuat akun pada Lazada, karena itu akan memudahkan kita dalam
mengakses berbagai informasi yang disediakan oleh Lazada. Jika tidak dapat
melakukan pesanan secara online dapat menghubungi customer service.
Pada langkah mengkonfirmasi
keranjang belanja anda, anda dapat menghapus item pada keranjang belanja anda
yaitu dengan cara mengklik pada logo belanja yang digambarkan dengan ikon
keranjang belanja, lalu kemudian klik “Hapus Item”.
Setelah selesai melakukan
pemesanan, Lazada akan mengirimkan verifikasi melalui sms untuk konfirmasi
dengan ringkasan pesanan serta mengirimkan email dan pemberitahuan via sms
untuk menginformasikan status pesanan anda.
TENTANG PEMBAYARAN PRODUK
Lazada menyediakan beberapa metode
pembayaran produk setelah melakukan pemesanan. Antara lain, Via Transfer (Bank
BNI, Mandiri, CIMB Niaga, BCA), Kartu kredit, Cash On Delivery, Cicilan, dan
hellopay. Bisa juga melalui transfer dari Bank Lainnya.
TENTANG PENGIRIMAN PRODUK
Setiap produk dalam Lazada memiliki
estimasi waktu pengiriman produk tersebut. Untuk mengetahui estimasi waktu
pengiriman suatu produk dapat di lihat pada halaman masing-masing produk,
kemudian lihat kota pengiriman anda. Di halaman masing-masing produk tersebut
juga disediakan spesifikasi tentang produk yang anda beli.
Jika seorang konsumen membeli produk
lebih dari dua item maka produk tersebut dapat di kirimkan secara terpisah
dengan waktu yang berbeda-beda. Hal
tersebut dikarenakan karena Lazada memiliki Supplier yang berbeda-beda. Khusus
produk internasional membutuhkan estimasi waktu pengiriman yaitu 55 hari
kalender. Lazada tidak dapat menjadwalkan pengiriman serta tidak dapat
mempercepat pengiriman. Pengiriman pesanan tidak dapat dipastikan hari atau
tanggalnya hanya dapat mengestimasi waktu masing-masing daerah pengiriman,
tergantung wilayah pengiriman anda serta tergantung penjadwalan dari partner
kurir logistic Lazada. Lazada juga tidak melakukan pengiriman produk pada hari
sabtu dan minggu serta hari libur nasional.
Konsumen dapat membatalkan pesanan
meskipun telah masuk pada proses pengiriman. Akan tetapi dalam pembatalan
tersebut, Lazada harus menindaklanjuti ke pihak terkait. Untuk pembatalan
pesanan dapat menghubungi customer service. Sedangkan untuk produk internasional setelah
masuk dalam proses pengiriman tidak dapat dilakukan pembatalan pemesanan.
Jika konsumen tidak sedang berada di
rumah atau alamat yang tertera maka konsumen tersebut harus memberi surat
kuasa kepada pihak kedua yang nantinya surat kuasa tersebut akan di tunjukkan pada saat menerima
pesanan dan pihak kedua juga harus menunjukkan tanda pengenal saat menerima
pesanan.
Lazada bekerja sama dengan 5
perusahaan logistic, antara lain JNE, RPX, First Logistic, Pandu Logistic, dan
TIKI. Lazada juga memiliki kurir internal sendiri yaitu Lazada Express (LEX).
Untuk saat ini Lazada tidak menyediakan layanan pengiriman internasional.
TENTANG PRODUK INTERNASIONAL
Produk Internasional ini didatangkan
atau dipesankan Lazada dari luar Indonesia sesuai dengan pesanan konsumen. Semua
produk Import Lazada tidak dikenakan biaya tambahan dari biaya yang sudah
tertera. Jika terdapat prosedur penambahan biaya pada produk cuci gudang,
keterlambatan pengiriman dibandingkan estimasi mungkin terjadi.
Produk internasional yang sudah
dipesan oleh konsumen tidak dapat dibatalkan. Produk internasional yang
melebihi estimasi waktu pengiriman, maka konsumen dapat melakukan klaim
terhadap pesanan untuk meminta pengembalian uang dalam jangka waktu 7 hari. Jika
lebih dari 7 hari maka order dianggap diterima oleh penerima. Klaim dapat
ditolak oleh penjual apabila si penjual memiliki bukti kuat bahwa pengiriman telah terjadi pada waktu
yang telah ditetapkan.
Dalam pemesanan produk luar negeri,
konsumen harus memperhatikan :
- Kondisi garansi bergantung pada jenis produk.
- Petunjuk penggunaan, instruksi, serta peringatan keselamatan (mungkin tidak tersedia dalam bahasa Indonesia).
- Produk dan komponen penyerta produk tersebut mungkin tidak didesain sesuai dengan standar, spesifikasi, dan ketentuan pelabelan di Indonesia.
- Produk mungkin tidak menggunakan voltase dan standar kelistrikan di Indonesia (membutuhkan adapter atau converter khusus).
Sebelum melakukan pemesanan pada
produk internasional sebaiknya mencari informasi terlebih dahulu tentang proses klaim terhadap
pemanufaktur serta tempat servis produk jika suatu saat terjadi permasalahan
pada produk tersebut. Karena dalam pesanan produk internasional, garansi
pemanufaktur tidak berlaku.
Konsumen dapat mengidentifikasi produk
luar negeri atau produk internasional tersebut dengan melihat tanda “penjual internasional” atau “dikirim
dari luar negeri” yang terdapat pada halaman produk.
TENTANG PENGEMBALIAN PRODUK
Pengembalian produk pesanan kepada
Lazada dapat dilakukan dalam jangka waktu 7 hari kalender untuk produk 100%
dibawah perlindungan pembeli atau 14 hari kalender untuk produk dibawah jaminan
kepuasan. Perhitungan dimulai dari tanggal menerima paket sampai tanggal cap
pos yang tertera pada paket yang dikembalikan. Setelah melewati jangka waktu
pengembalian maka produk tidak dapat dikembalikan.
Persyaratan pengembalian yang sah :
- Bukti pembelian seperti nomor pesanan, faktur pembelian, dan lainnya.
- Rincian bank dalam formulir pengembalian (apabila melalui Teller bank atau melalui metode Cash on Delivery).
- Sertakan formulir pengembalian dalam bentuk cetak atau tulis kode Otorisasi Pengembalian di setiap paket pengembalian. Untuk memperoleh formulir pengembalian, anda harus memiliki akun Lazada terlebih dahulu.
- Alasan pengembalian harus bersifat sah dan persyaratan persetujuan pengembalian barang terpenuhi.
Apabila pengembalian barang anda
dinyatakan tidak sah, customer service dari Lazada akan menghubungi konsumen dan
biaya pengiriman barang tidak akan diganti.
Apabila pesanan produk yang akan
dikembalikan lebih dari 7 hari atau 14 hari, jika produk tersebut dilindungi
oleh pabrik yang bersangkutan maka dapat menghubungi pihak pabrik secara langsung.
Status pengembalian produk pesanan
konsumen dapat di cek dengan menggunakan kode resi yang disediakan kurir
logistic atau dapat mengecek pada Status
Order.
Proses penggantian produk yang dipesan
konsumen akan dilakukan setelah proses evaluasi produk yang bersangkutan.
Biasanya berlangsung dalam jangka waktu 5 hari kerja.
Berikut proses pengembalian produk
pesanan kepada Lazada:
- Login ke akun anda
- Klik ke my order dan my return
- Isi formulir retur online
- Cetak formulir retur
- Kemas barang dengan menyertakan return label
- Kirimkan ke Lazada
Status pengembalian produk dapat dicek
melalui option “Order Tracking” yang terdapat pada halaman Lazada.
AFFILIATE PROGRAM
Ini merupakan salah satu program
Lazada. Affiliate program adalah satu teknik marketing dimana antara penjual
dan pemasar bekerjasama melalui website pemasar. Para pemasar memperoleh link
khusus yang telah diberi tracking sehingga setiap ada transaksi yang datang
dapat diketahui oleh system affiliate penjual. Apabila memenuhi kriteria maka
akan memperoleh komisi dari penjualan produk tersebut. Komisi tersebut berupa persentasi dari harga
produk yang sudah terjual.
Cara Kerja system tracking affiliate:
Contohnya, saya memiliki alamat
website setyaririn-ririn.com. saya ingin menambah penghasilan dari alamat
website saya sehingga saya bergabung dalam affiliate program pada Lazada.co.id . Banyak pilihan produk yang ditawarkan, akhirnya saya memilih untuk
mempromosikan produk jam di website saya. Fela seorang konsumen sedang mencari informasi di internet tentang produk
jam dengan kualitas terbaik. Fela menemukan website saya dan membaca artikel
review pada website saya. Fela tertarik dan memutuskan untuk membeli jam
tersebut dengan mengklik banner di website saya. Dan saya sebagai affiliate
lazada.co.id akan memperoleh komisi dari pembelian yang dilakukan oleh Fela.
Keuntungan mengikuti Affiliate Program
:
- Gratis biaya pendaftaran.
- Komisi yang diperoleh berdasarkan kategori yang dipilih yaitu 2,5% untuk produk elektronik, 6% untuk produk non elektonik, 10% untuk fashion, dan 1% untuk kendaraan.
- Tersedia voucher esklusif untuk anda yang bergabung.
- Media promosi dan template newsletter akan didesain sesuai dengan kebutuhan anda.
- Lazada.co.id Affiliate akan membantu anda dengan pelayanan cepat.
- Lazada menawarkan berbagai macam jenis banner, produk feed, kode voucher, API, dan promosi special bagi anda yang bergabung dalam program ini.
Cara bergabung dalam Affiliate Program
:
- Daftar program affiliate Lazada.co.id
- Tim Lazada akan mereview aplikasi anda dan apabila memenuhi criteria maka akan terdaftar sebagai publisher.
- Pilih salah satu macam media promosi sesuai kebutuhan anda dari sekian banyak media promosi yang disediakan oleh Lazada untuk di integrasikan ke website anda.
Seseorang yang telah bergabung dalam
program ini akan memperoleh pembayaran komisi setelah tim lazada.co.id
memvalidasi penjualan yang akan dikirimkan ke affiliate dalam jangka waktu
selambat-lambatnya 30 hari. Penjualan
yang divalidasi oleh tim lazada.co.id sebelum kita memperoleh bayaran,
penjualan tersebut divalidasi dalam waktu 30 hari setelah tanggal penjualan.
Terdapat beberapa atau banyak brands (merek) produk yang ada di dalam Lazada, dapat dilihat di alamat website www.lazada.co.id/brands/ dan Store Directory Lazada dapat di lihat di website www.lazada.co.id/store-directory/ .
Lazada memiliki syarat dan ketentuan yang berlaku yang dapat di lihat pada www.lazada.co.id/terms-of-use/ serta terdapat kebijakan privacy www.lazada.co.id/privacy-policy/ dan berbagai Press Media yang dapat anda dilihat di www.lazada.co.id/press/ .
Keunggulan dari Lazada antara lain :
Terdapat beberapa atau banyak brands (merek) produk yang ada di dalam Lazada, dapat dilihat di alamat website www.lazada.co.id/brands/ dan Store Directory Lazada dapat di lihat di website www.lazada.co.id/store-directory/ .
Lazada memiliki syarat dan ketentuan yang berlaku yang dapat di lihat pada www.lazada.co.id/terms-of-use/ serta terdapat kebijakan privacy www.lazada.co.id/privacy-policy/ dan berbagai Press Media yang dapat anda dilihat di www.lazada.co.id/press/ .
Keunggulan dari Lazada antara lain :
- Pengunjung webite terbanyak. (Lazada menduduki peringkat ke-15 sebagai website yang paling sering dikunjungi di Indonesia)
- Jangkauan Pasar Terluas.
- Tanpa Komisi
- Fasilitas Seller Center
- Layanan logistik kelas dunia
- Meningkatkan bisnis dengan FBL
Marilah berbelanja online di
LAZADA.co.id J
Referensi : http://www.lazada.co.id/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar